RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MTs. Darul Musthofa NW Repok Atas
Mata
pelajaran : SKI
Kelas/Semester
:
VII/Genap
Materi
Pokok : khulafaur-rosyidin
Cermin Akhlak Rosululloh SAW
Alokasi
Waktu : 2 X 40 Menit
A. Kompetensi
Inti
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Kompetensi
Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
4. Kompetensi
Inti (KI 4):
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat
terbiasa peduli terhadap kebersihan lingkungan
2. Siswa dapat terbiasa bersikap jujur dan tegas dalam
memelihara keamanan,kenyamanan, dan kebersihan lingkungan
3. Siswa
dapat mengenal biografi/profil
khulafaurrosyidin
4. Dengan menampilkan slide materi khulafaurrosyidin,
siswa dapat dapat lebih memahami sejarah khulafaur rosyidin
5. Melalui
permainan menyusun gambar siswa dapat menyimpulkan tentang biografi/profil
khulafaurrosyidin
6. Terampil menceritakan biografi/profil
khulafaur-rosyidin di depan kelas
C. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDICATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
1.1
|
Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang
dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin
|
1.1.1
|
Siswa dapat menunjukkan sikap peduli terhadap
kebersihan lingkungan sebagai wujud meyakini bahwa setiap muslim memilki
kewajiban berdakwah seperti yang dilakukan khulafaurasyidin
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
|
2.1.1
|
Siswa
mampu mampu menunjukkan sikap jujur dan tegas didalam menjaga kenyamanan lingkungan belajar sebagai implementasi
dari dari pemahaman mengenai kepemimpinan khulafaurrasyidin
|
3.1
|
Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat
Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
|
Siswa dapat menjelaskan profil abu bakar ash-shiddiq
Siswa dapat menjelaskan profil umar bin khattab
Siswa dapat menjelaskan profil utsman bin affan
Siswa dapat menjelaskan profil Ali bin abi tholib
|
4.1
|
Menceritakan kisah para
khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
|
4.1.1
|
Terampil menceritan profil khulafaurrosyidin( abu
bakar,umar bin khattab,utsman bin affan,ali bin abu tholib)
|
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
SEJARAH KHULAFAURROSIDIN
a. Profil kholifah abu
bakar ash-shiddiq
b.Profil kholifah umar bin
khattab
c. Profil kholifah utsman
bin affan
d.
Profil kholifah Ali bin abi tholib
E. Strategi Pembelajaran
Ø Pendekatan : Saintifik
Ø Model :coperatif learning.
Ø Metode :Diskusi,Tanya jawab
F. Media
Pembelajaran
1. Media:
Laptop,Power point, LCD, kartu/kertas
2. Alat/Bahan:
laptop,LCD, Kartu/kertas,
G. Sumber Belajar
Buku siswa
SKI kemenag 2014, internet , LKS
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan
salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
·
Guru melakukan absensi dengan menanyakan adakah siswa yang tidak hadir
·
Guru mempersiapkan
fisik dan psikis peserta
didik dengan memberikan motivasi
·
Guru menjelaskan
tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10 Menit
|
Inti
|
·
Mengamati
Ø Para siswa menyimak
penjelasan guru tentang proses
terbentuknya Khulafaur Rasyidin
Ø Peserta
didik mengamati gambar/slide
yang di tampilkan/diberikan tentang sejarah Khulafaur Rasyidin
Ø Para siswa mengamati dan membuat ikhtisar/rangkuman/kesimpulan
tentang sejarah Khulafaur Rasyidin
·
Menanya
Ø Peserta
didik memberikan tanggapan / respon
terhadap penjelasan guru/gambar tentang sejarah Khulafaur Rasyidin
Ø Guru memberi apresiasi terhadap pertanyaan yang
muncul dari siswa
·
Eksplorasi/eksperimen
a.
Siswa di bagi menjadi 4 kelompok, tiap kelompok
terdiri dari 4-5 orang
b.
Tiap kelompok menerima 1 buah amplop yang berisi
potongan-potongan gambar
c.
Masing-masing kelompok menyusun potongan-potongan
gambar yang diberikan,kemudian mencatat hasil pengamatan kelompok.
·
Mengasosiasi
Ø Setelah kegiatan berakhir masing-masing kelompok menulis
kesimpulan dari hasil diskusi /pengamatan kelompok
·
Mengkomunikasikan
Masing-masing
kelompok mempersiapkan diri untuk
mempresentasikan hasil kelompoknya
di depan kelas
a.
Selanjutnya
kelompok pertama mempresentasikan hasil kelompoknya depan kelas tentang profil
Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq, r.a.
b.
Kemudian
kelompok 2, 3 dan 4 memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh
kelompok 1
c.
Dilanjutkan
ke kelompok berikutnya sesui tugas yang di dapat dengan langkah-langkah
seperti kelompok pertama
|
60 Menit
|
Penutup
|
Ø Guru melakukan klarifikasi dan penguatan terhadap
hasil diskusi siswa
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø
Guru mengajak berdoa
|
10 Menit
|
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Penilaian observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Observasi penilaian sikap spiritual
Kelas :
VII
Semester Genap :
Materi Pokok :
Prestasi-Prestasi Khulafa’ur- Rasyidin
NO
|
Hari/tgl
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH
SKOR
|
|||||
NO
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
15/2/19
|
Ahmad latif
|
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek-aspek pengatan yang dinilai antara lain:
1. Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan rasa syukur
atas karunia Tuhan
3. Memberi salam sebelum dan
sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4. Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
5.
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
b. Penilaian observasi Sikap Sosial
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual peserta didik. Berilah nilai pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Observasi penilaian sikap Sosial
Kelas : VII
Semester Genap :
Materi Pokok : Prestasi-Prestasi Khulafa’ur-
Rasyidin
NO
|
Hari/tgl
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH
SKOR
|
|||||
NO
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
15/2/19
|
Ahmad latif
|
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek-aspek pengatan yang dinilai antara lain:
1. Peduli terhadap
kebersihan lingkungan kelas
2. Selalu aktif dalam
melaksanakan tugas piket
3. Mengumpulkan tugas
tepat waktu
4. Rajin/masuk kelas tepat
waktu
5.
Tanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan
c. Penilaian Pengetahuan
Soal
essai
1. Sebutkan nama ayah dan ibu kholifah abu bakar
ash-shiddiq ( skor:20)
2. Uraikan nama-nama kholifah abu bakar sebelum dan
setelah masuk islam! ( skor:20)
3. Mengapa utsman bin affan di gelari Zun nurain?jelaskan
! ( skor:20)
4. Siapakah nama ibunda ali bin abi tholib? ( skor:20)
5. jelaskan
mengapa kholifah abu bakar ash-shiddiq di gelari Atiq( skor:20)
Jawaban
1.
Sebutkan nama
ayah dan ibu kholifah abu bakar ash-shiddiq ( skor:20)
Jawab: ayahnya: utsman , ibunya: Salma Ummul khair
2.
Uraikan
nama-nama kholifah abu bakar sebelum dan setelah masuk islam! ( skor:20)
Jawab: Abdul Ka`bah ( Nama sebelum Islam ), Abdulloh
(nama setelah masuk Islam), dan Abu bakar ash-shiddiq (nama gelar)
3.
Mengapa utsman
bin affan di gelari Zun nurain?jelaskan ! ( skor:20)
Jawab: Zunnurain artinya yang memiliki 2 cahaya.
Karena menikahi 2 putri rasululloh SAW
4.
Siapakah nama
ibunda ali bin abi tholib? ( skor:20)
Jawab: Fatimah binti asad
5.
jelaskan mengapa kholifah abu bakar ash-shiddiq di
gelari Atiq( skor:20)
jawab:
karna beliau terbebs/selamat dari kematian
J.
Tindak
Lanjut ( Pengayaan dan/atau remedial )
Bagi siswa yang tidak dapat mencapi nilai setandar kelulusan akan
diadakan tindakan lanjutan dengan memberikan remedial/tugas tambahan.
Mengetahui
Kepala
Madrasah Guru
Mapel
Taupan Jayadi, S.Pd Ahmad
Ridwan, S.Pd.I
0 komentar:
Posting Komentar